Rabu, 02 Oktober 2019

Jenis Jenis Inovasi Wirausaha


Jenis-jenis inovasi menurut Andy Soewatdy : 1. Inovasi Transformational: menciptakan produk baru secara radikal dan penciptaan nilai secara substansial.  2. Inovasi Substansial: produknya baru secara signifikan dan menciptakan nilai penting bagi pelanggan. 3. Inovasi Incremental: menciptakan produk baru melalui peningkatan kinerja atau penerimaan nilai yang lebih besar (biaya lebih rendah).




Dua jenis inovasi :  1. Berdasarkan objek perubahan, inovasi terdiri dari inovasi produk, inovasi proses, inovasi pasar dan inovasi organisasi 2. Berdasarkan tingkat perubahan, yaitu kebaruan yang lengkap (radikal) dan peningkatan yang signifikan. 315 Menurut Massa dan Testa (2008:396), akademisi dan pengusaha menafsirkan inovasi dengan cara yang berbeda, inovasi bagi akademisi biasanya menekankan kebaruan ilmiah, sementara bagi pengusaha, inovasi adalah sesuatu yang menjadi uang.

Hasil literatur review Andy Soewatdy terhadap definisi inovasi dari beberapa jurnal, terdapat atribut-atribut kunci tentang inovasi: 1. Sifat inovasi, mengacu pada bentuk inovasi sebagai sesuatu yang baru atau yang ditingkatkan, terdiri dari Baru (New), Berubah (Change), Peningkatan (Improve).  2. Jenis inovasi, mengacu pada jenis inovasi seperti dalam jenis output atau hasil dari inovasi, misalnya produk atau jasa, terdiri dari produk, service, proses, teknik. 3. Tahapan inovasi, mengacu pada semua langkah yang diambil selama proses inovasi yang biasanya mulai dari generasi ide dan diakhiri dengan komersialisasi, terdiri dari adopsi, pengembangan, kreasi, implementasi dan komersialisasi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact us

Nama

Email *

Pesan *