Kamis, 28 November 2019

Pertumbuhan Ekonomi Suatu Wilayah Ditentukan Oleh Perkembangan Ekonomi Digitalnya



Dengan demikian, semakin berkembang industri kreatif digital disuatu wilayah termasuk Kota Yogyakarta, maka semakin berkembang pula ekonomi wilayah daerah tersebut. Modal pertumbuhan dari teori neoklasik yang selanjutnya adalah bertambahnya penawaran tenaga kerja.Kepopuleran atau keberhasilan dari suatu bisnis bisa diukur dengan semenarik apa sebuah website yang dimiliki perusahaan tersebut,jasa pembuatan website jakarta barat bisa membantu para pembisnis dalam pembuatan website untuk perusahaannya. Perhitungan kasar terhadap statistik hasil survei perusahaan industri kreatif yang dilakukan oleh Jogja Digital Valley menunjukkan setidaknya kurang lebih 2000 orang dipekerjakan oleh total 156 perusahaan industri kreatif.


Perusahaan industri kreatif tersebut 81,4% berdiri pada tahun 2012 dan 2013. Hal tersebut menunjukkan bahwa industri kreatif digital di Kota Yogyakarta ini mampu memberikan persentase terhadap bertambahnya penawaran tenaga kerja.Tidak bisa dipungkiri bahwa kemajuan teknologi digital sangatlah pesat begitu juga dalam dunia website,perusahaan pasti memerlukan website untuk menunjang keberhasilan bisnis mereka dengan jasa pembuatan website jakarta barat akan memudahkan pengusaha dalam pembuatan website. Dengan kata lain, industri kreatif digital memenuhi salah satu modal meningkatnnya pertumbuhan ekonomi wilayah.

Perkembangan startup di Kota Yogyakarta yang begitu pesat dari tahun 2012 hingga tahun 2016 ini disebabkan karena banyak faktor salah satunya adalah adanya komunitas dan assosiasi yang memfasilitasi baik pemula atau “start of startup” maupun untuk expert. Komunitas Startup untuk pemula yaitu Startup Weekend dan untuk pelaku industri kreatif digital yaitu ADITIF (Asosiasi Digital Kreatif). Selain komunitas, terdapat pula coworking space seperti Maliome dan JDV (Jogja Digital Valley) (Pritami, 2016).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact us

Nama

Email *

Pesan *